Home Berita 21 Nakes di Kota Cimahi Terpapar Covid-19

21 Nakes di Kota Cimahi Terpapar Covid-19

34

covid-19 cimahi

KampusHebat.com, Cimahi — Sebanyak 21 tenaga kesehatan (nakes) menjalani perawatan akibat terkonfirmasi positif COVID-19.

“Data sampai 13 Juni 2021 itu ada 21 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi.

Dikatakannya, para tenaga kesehatan yang terpapar virus korona itu ada yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Mereka mayoritas menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Ada 1 yang di rumah sakit karena ada gejala ringan,” ucap Pratiwi.

Pihaknya belum mengetahui percis sumber penularan COVID-19 terhadap para tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus korona ini.

Ada berbagai kemungkinan menurutnya. Seperti tertular dari pasien, pengunjung bahkan dari keluarganya.

“Bisa juga karena mereka kelelahan, karena kan akhir-akhir ini tugasnya semakin berat. Apalagi kasusnya kan di Cimahi meningkat,” ujarnya.

Kasus COVID-19 di Kota Cimahi sendiri memang mengalami lonjakan usai lebaran Idul Fitri. Kondisi tersebut tentunya semakin menguras tenaga pada tenaga kesehatan.

Bukan hanya di rumah sakit yang harus mengawasi dan mengobati pasien khusus COVID-19, tenaga kesehatan di Puskesmas pun harus memantau ratusan pasien yang saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Jumlah tenaga kesehatan di rumah sakit sama Puskesmas ada sekitar 300 orang. Mereka sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

“Kadang mereka kalau sedang istirahat, ada pasien yang telepon kan harus dilayani. Jadi di rumah sakit maupun Puskesmas bebannya sama beratnya,” sebut Pratiwi.

Dalam kondisi seperti ini, Pratiwi berharap para tenaga kesehatan di Kota Cimahi tetap kuat dan selalu menjaga kesehatan.

“Jaga kesehatan. Bergantian tugasnya, misalnya hari ini si A besok si B,” tuturnya. (Suara)

 

Leave a Reply