Home Info Cimahi Banyak Warga Buang Sampah Sembarangan, Cimahi Sering Banjir

Banyak Warga Buang Sampah Sembarangan, Cimahi Sering Banjir

17

banjir cimahi

KampusHebat.com, Cimahi — Kota Cimahi sering didera banjir di musim hujan. Salah satu sebabnya, banyak warga membuang sampah sembarangan yang menyumbat saluran air.

Karenanya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Dijelaskannya, sampai dapat menyumbat saluran air sehingga menimbulkan banjir. Terlebih lagi jika hujan deras melanda Kota Cimahi, kerap memicu timbulnya genangan di sejumlah ruas jalan.

“Hujan picu genangan, biasanya ada sampah yang menyumbat bikin mampet, sehingga air meluber ke jalan. Perlu rasa saling memiliki, dan wajib memelihara lingkungan. Jangan buang sampah sembarang tempat, jaga kebersihan saluran air minimal di kawasan rumah,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Genangan air yang muncul di sejumlah ruas jalan, di antaranya sepanjang Jalan Amir Mahmud mulai dari Padasuka hingga Cibeureum terdapat beberapa titik, Daeng Muhammad Ardiwinata (Cihanjuang), Pasar Atas, Kolonel Masturi, hingga wilayah selatan Kota Cimahi.

Menurut Ngatiyana, air yang deras saat hujan termasuk kiriman dari daerah hulu.

“Air dari utara turun ke Cimahi dan masuk saluran Cimahi. Debit air tidak tertampung, sehingga meluber,” imbuhnya.

Saat ini, sejumlah ruas jalan di Kota Cimahi sedang dilakukan rehabilitasi saluran drainase.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi genangan saat musim hujan yang kerap muncul akibat air hujan tak tertampung saluran. (Galamedia)

 

Leave a Reply