Home Berita Banyak Warga Cimahi Akses Aplikasi Perpustakaan Elektronik e-Lib

Banyak Warga Cimahi Akses Aplikasi Perpustakaan Elektronik e-Lib

18

Banyak Warga Cimahi Akses Aplikasi Perpustakaan Elektronik e-Lib

KampusHebat.com, Cimahi — Sedikitnya 2.352 warga Kota Cimahi mengakses aplikasi electronic library (e-Lib) atau perpustakaan elektronik Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi.

Aplikasi diterapkan untuk melayani masyarakat untuk membaca buku tanpa harus datang ke perpustakaan di masa pandemi Covid-19. Diskominfoarpus Cimahi meluncurkan E-Lib pada 16 Desember 2018.

Kepala Diskominfoarpus Cimahi, Mochammad Ronny, mengatakan, melalui e-Lib warga Cimahi yang ingin pinjam atau membaca buku menjadi lebih mudah. Aplikasi ini bahkan sudah tersedia di Play Store yang bisa diunduh.

“Pembaca harus melakukan registrasi secara gratis terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan itu (username dan password), pembaca bisa langsung memanfaatkan buku digital yang bisa dipinjam atau dibaca,” katanya.

Dikemukakan, berdasarkan data Februari 2021, jumlah warga yang telah mengakses e-Lib Kota Cimahi sebanyak 2.352 orang dan peminjam buku 1.732 orang.

Ronny mengemukakan, seiring peningatakan jumlah pengguna aplikasi e-Lib, berimbas kepada jumlah pengunju perpustaan. Terjadi penurunan pengunjung 50 persen.

Penurunan jumlah pengunjung tersebut, ujar M Ronny, selain masyarakat beralih ke aplikasi e-Lib, juga karena saat ini masih pandemi Covid-19 yang membuat orang enggan ke luar rumah.

“Berdasarkan data, sebelumnya hanya ada sekitar 140 pembaca aktif melalui e-Lib. Memasuki Oktober 2020, mulai meningkat dan pada Februari 2021 tercatat ada 1.321 pembaca aktif,” ujarnya.

Diskominforarpus Kota Cimahi berencana bakal menambah koleksi buku digital. Buku tersebut nanti bisa diakses secara online oleh pembaca.

Sejauh ini, koleksi buku yang dimuat dalam aplikasi e-Lib Kota Cimahi baru 1.238 judul. Setiap judul ada tiga eksemplar, dari mulai novel, puisi, berbagai ilmu sosial, kesenian, ekonomi, psikologi, filsafat, pengetahuan umum, biografi, sejarah.

Dari jumlah koleksi tersebut, ada 906 judul yang sudah dibaca atau dipinjam, sementara sisanya belum.

“Jenis buku sastra, seperti novel dan puisi menjadi buku yang paling banyak dibaca. Untuk novel, ada sekitar 358 judul yang dibaca. Untuk buku yang lain, ada juga yang mengakses cuma tidak terlalu banyak,” tutur Ronny (iNews)

 

Leave a Reply