Home Berita Kekurangan Nakes, RSUD Cibabat Cimahi Kewalahan Tangani Pasien

Kekurangan Nakes, RSUD Cibabat Cimahi Kewalahan Tangani Pasien

27

RSUD Cibabat Cimahi Kewalahan Tangani Pasien Covid-19

KampusHebat.com, Cimahi — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi kewalahan menangani pasien Covid-19.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Cibabat Kota Cimahi, Sukwanto Gamalyono, mengatakan saat ini kondisi di RSUD Cibabat sudah tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 ataupun pasien umum.

Namun, ada pengecualian bagi pasien yang kondisinya sudah darurat.

“Kita enggak menerima pasien termasuk yang COVID-19 sejak tadi malam. Karena kondisinya memang sudah penuh ambulans juga banyak yang balik lagi. Tapi kalau memang dia emergency karena sudah sesak, ya kita masukkan, itu sudah risiko. Kalau yang ringan disarankan untuk di rumah atau di rumah sakit lain,” katanya.

Tak cuma pasien COVID-19 yang melonjak hingga tak lagi bisa tertampung, jumlah nakes yang menangani COVID-19 namun terkonfirmasi positif juga mengalami penambahan.

“Sekarang yang positif nakesnya jadi 88,” ujarnya.

Rumah sakit rujukan milik Pemkot Cimahi tersebut juga kekurangan tenaga kesehatan (nakes).

Nakes yang masih bertahan kewalahan menangani lonjakan kasus. Pasien terinfeksi virus Corona setiap hari datang ke RSUD Cibabat.

RSUD Cibabat mencatat lebih dari 100 pegawai rumah sakit regional yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Januari 2021.

Dalam seminggu terakhir puluang orang di rumah sakit itu, mulai dokter, perawat hingga cleaning service, terkonfirmasi terjangkit virus Corona. (Detik/iNews)

 

Leave a Reply