Home Info Kampus Mahasiswa HIMA D3 Keperawatan STIKES Budi Luhur Juara Pilar Kesehatan

Mahasiswa HIMA D3 Keperawatan STIKES Budi Luhur Juara Pilar Kesehatan

9

Mahasiswa HIMA D3 Keperawatan STIKES Budi Luhur Juara Pilar KesehatanKampusHebat.com — Mahasiswa HIMA D3 Keperawatan STIKES Budi Luhur Cimahi menjadi juara Pilar Kesehatan dalam lomba Aksi Muda Indonesia 2021.

Lomba ini diadakan Asuransi Astra, bagian dari PT Astra International Tbk., yang salah satu bidang usahanya adalah industri otomotif.

Lomba Aksi Muda Indonesia adalah sebuah ajang terbuka bagi mahasiswa negeri kita untuk ikut memberikan kontribusi di pilar pendidikan, lingkungan, dan income generating activity.

Dari seluruh partisipan yang turun di kejuaraan ini dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, juri telah menyaring 12 finalis. Terdiri dari tiga finalis untuk masing-masing pilar tadi.

Untuk ketiga finalis dengan ide aksi sosial pilar kesehatan yang maju ke tahap final adalah perwakilan dari STIKes Budi Luhur Cimahi, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Majalengka.

STIKes Budi Luhur Cimahi diwakili tim Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 Keperawatan.

Mengusung program Lansia Sehati (Sehat dan Aktif) mengawali programnya di Desa Galanggang, Jawa Barat melalui kegiatan bernama Lansia Sehat dan Lansia Aktif.

Dengan mengadakan Pos Pelayanan Terpadu (Posbindu) sebagai salah satu aktivitas untuk giat Lansia Sehat dan berbagai aktivitas sebagai bentuk terapi kognitif untuk giat Lansia Aktif, harapannya program ini dapat menjadikan lansia dan keluarganya mampu hidup mandiri dalam memelihara kesehatannya.

Selain itu, sebagai bentuk aksi sosial berkelanjutan, para finalis STIKes Budi Luhur Cimahi yang terdiri dari Pipit Puspitasari, Tuti Heryanti, dan Nessha Septiani Rahayuingin membawa program Lansia Sehati ini menyebar ke beberapa wilayah lainnya.

Selama satu bulan Pipit dkk diberi waktu untuk melancarkan aksi sosialnya dengan menyesuaikan kebijakan PPKM masing-masing daerah serta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Berkat kerja keras dan bimbingan dosen serta modal dan pendampingan khusus dari mentor terpilih Asuransi Astra agar ide finalis dapat memberikan dampak sosial berkelanjutan yang maksimal, STIKes Budi Luhur Cimahi akhirnya terpilih menjadi Juara Pilar Kesehatan.*

 

Leave a Reply