Home Berita Musim Hujan, Cimahi Siaga Darurat Bencana

Musim Hujan, Cimahi Siaga Darurat Bencana

10

banjir longsor cimahi

KampusHebat.com, Cimahi —┬áPemerintah Kota Cimahi menetapkan status kebencanaan daerah menjadi siaga darurat menghadapi musim penghujan.

“Statusnya sudah siaga darurat menghadapi penghujan sesuai keputusan pimpinan. Penetapan itu juga sesuai arahan Provinsi Jawa Barat dan sudah kita sampaikan ke sana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Asep Bachtiar.

Penetapan status kebencanaan dari daerah yang disampaikan ke Provinsi Jawa Barat menjadi rujukan untuk penetapan status kebencanaan daerah di Jawa Barat kedepannya.

“Arahannya memang dari provinsi, tapi penetapannya oleh daerah. Laporannya disampaikan ke provinsi untuk menetapkan status bencana hidrometeor.”

Selain Cimahi, Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) juga menaikkan status kebencanaan daerah menjadi siaga darurat menghadapi musim hujan dan munculnya potensi bencana hidrometeorologi.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo, status siaga darurat di Bandung Barat ditetapkan sejak 1 November sampai 31 Mei 2022 mendatang.

“Antisipasi masuknya musim penghujan pemerintah daerah menaikkan status menjadi siaga darurat banjir, banjir bandang, dan tanah longsor dari tanggal 1 November 2021 sampai 31 Mei 2022,” ucap Duddy.

Pertimbangan peningkatan status kebencanaan daerah tersebut yakni kejadian bencana hidrometeorologi yang telah terjadi maupun yang diprediksi bisa terjadi selama musim hujan.

“Musim hujan di rentang waktu itu, berdasarkan prediksi puncaknya akan terjadi di bulan Januari nanti,” beber Duddy.

Duddy mengatakan tak menutup kemungkinan status kebencanaan di Bandung Barat bisa naik kembali jika eskalasi kejadian bencana dalam rentang waktu tersebut mengalami peningkatan.

“Kalau eskalasi bencana meningkat mungkin statusnya dinaikkan lagi ke tanggap darurat, tapi kan yang seperti itu sifatnya kasuistis. Yang jelas sekarang sudah siaga darurat sampai 31 Mei 2022,” ujar Duddy. (Detik)

Leave a Reply