Home Berita Pemkot Cimahi Resmikan Sekolah Siaga Kependudukan Percontohan

Pemkot Cimahi Resmikan Sekolah Siaga Kependudukan Percontohan

62

Cimahi Jadi Percontohan Sekolah Siaga Kependudukan

KampusHebat.com, Cimahi — Dua sekolah di Kota Cimahi, Jawa Barat, menjadi percontohan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

Kedua sekolah yang menjadi Sekolah Siaga Kependudukan Percontohan di Kota Cimahi itu adalah SMP Negeri 5 dan SMA Negeri 6.

Dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan Percontohan di Kota Cimahi dilakukan Selasa (30/3/2021).

Dalam sambutannya, Ngariyana mengatakan, sekolah merupakan wahana yang tepat untuk menyosialisasikan masalah kependudukan.

Ia menilai guru memainkan peran strategis dalam menyampaikan materi tentang kependudukan kepada generasi penerus.

Ngatiyana mengatakan, pencanangan sekolah siaga kependudukan percontohan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyikapi datangnya era bonus demografi di Indonesia, yang ditandai dengan semakin tingginya persentase jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun).

“Bonus demografi ini harus disikapi secara cermat, karena di saat bersamaan masih banyak persoalan kependudukan yang menghambat proses pembangunan di Indonesia,” katanya.

Hambatan proses pembangunan itu, menurut Ngatiyana, antara lain rendahnya tingkat pendidikan sebagian besar penduduk, tingginya laju pertumbuhan penduduk yang memicu pengangguran serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan ini pada dasarnya untuk mengerem yah, jangan sampai kependudukan ini terlalu padat, sehingga menimbulkan banyak pengangguran karena lapangan kerjanya juga tidak ada,” kata Ngatiyana.

Menurut dia, hal tersebut akan membuat permasalahan baru apabila tidak ditanggulangi dengan baik. Oleh karena itu, lanjut dia, datangnya era bonus demografi ini harus ditindaklanjuti dengan penyiapan generasi muda. (Jabarnews)

 

Leave a Reply