Home Berita PTM Sekolah di Cimahi Direncanakan Mulai Agustus 2021

PTM Sekolah di Cimahi Direncanakan Mulai Agustus 2021

34

Kota Cimahi Siap Gelar PTM

KampusHebat.com, Cimahi — Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekolah-sekolah di Kota Cimahi direncanakan digelar Agustus 2021.

Semula, PTM sekolah di Cimahi akan dilakukan mulai Juli 2021. Namun, karena kondisi kasus Covid-19 belum nampak mereda, PTM terbatas diundur.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Cimahi telah menggelar simulasi PTM sebagai persiapan pelaksanaan pada Juli 2021.

Namun, pelaksanaan simulasi ini pun terpaksa harus dihentikan karena ditemukan sejumlah siswa dan guru terpapar Corona.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, pembatalan PTM Juli mendatang dikarenakan kasus Covid-19 yang semakin melonjak, termasuk yang menimpa kalangan siswa dan guru.

Penundaan waktu PTM direncanakan selama satu bulan atau hingga bulan Agustus 2021. Jika di bulan itu kasus sudah bisa dikendalikan maka PTM bisa dilaksanakan.

“Untuk PTM Juli kelihatannya diputuskan Plt (Wali Kota Cimahi) untuk ditunda. Untuk sementara keputusannya ditunda sebulan,” kata Harjono, Selasa 22 Juli 2021.

Tren perserta didik dan guru yang terpapar Covid-19 di Kota Cimahi meningkat. Di kalangan sekolah dasar saja, tercatat kini ada 46 siswa terpapar virus corona. Sementara untuk siswa SMP ada 5 orang dan TK 5 orang.

Di kalangan pendidik, tercatat ada 4 guru TK/PAUD, 36 guru SD dan 5 guru SMP yang terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi ini menjadi kabar buruk ditengah semangat para siswa yang ingin kembi belajar di sekolah.

Harjono mengatakan, untuk siswa semuanya tertular dari keluarganya. Sedangkan guru ada yang tertular dari keluarga dan aktivitas sekolah. Untuk itu, pihaknya memutuskan aktivitas guru di sekolah dibatasi hanya 25 persen.

“Guru sebagian (tertular) di rumah sebagian aktifitas di sekolah. Sekarang hanya 25 persen kegiatan di sekolah,” bebernya.

Meski PTM Juli mendatang batal dilaksanakan, pihaknya tetap melakukan berbagai persiapan. Tujuannya, ketika pembelajaran diputuskan kembali dilaksanakan di sekolah, semua eleng yang terlibat sudah siap.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Cimahi sudah melaksanakan simulasi atau uji coba PTM untuk jenjang TK/PAUD, SD dan SMP. Simulasi baru dilaksanakan dalam dua gelombang.

Sementara gelombang tiga batal terlaksana setelah COVID-19 kembali menggila. Padahal, masih banyak sekolah khususnya TK/PAUD yang belum menjalankan simulasi PTM. (AB)

Leave a Reply