Home Berita Sekolah di Cimahi Gelar Pembelajaran Tatap Muka Mulai Juli

Sekolah di Cimahi Gelar Pembelajaran Tatap Muka Mulai Juli

197

Sekolah di Cimahi Gelar Pembelajaran Tatap Muka Mulai Juli

KampusHebat.com, Cimahi — Sekolah di Cimahi berencana menggelar Pembelajaran Tatap Muka (TPM) terbatas mulai Juli 2021.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi terus mematangkan teknis pelaksanaannya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, teknis PTM terbatas nanti meliputi banyak hal, terutama terkait jumlah siswa yang bisa mengikuti pembelajaran, waktu, serta hari pelaksanaan.

Jumlah siswa maksimal di dalam kelas yang boleh mengikuti PTM terbatas untuk tingkat SMP-SMA yakni 18 orang. Untuk tingkat TK hanya 5 orang.

Waktu belajar dikurangi menjadi hanya 2-3 jam dan hari PTM terbatas hanya empat hari.

“Untuk 18 orang itu kan tingkat SMP dan SMP. Asumsinya kalau sekelas hanya 30 orang berarti 50 persennya bisa 15 orang. Engga mesti 18 orang terus, itu jumlah maksimal sekelas,” ungkap Harjono.

Waktu pembelajaran yang biasanya dari pukul 07.00 sampai sore, maka pada PTM terbatas ini waktunya dibatasi hanya 2-3 jam.

“Kemudian waktunya terbatas, misalnya jam 8 pagi hanya sampai jam 10 atau jam 11 siang saja. Kegiatannya juga belum full, jadi hanya kegiatan inti di dalam kelas saja,” jelasnya.

Di masa pelaksanaan PTM terbatas, hari sekolah pun dikurangi menjadi hanya empat hari dengan skema tertentu.

“Tatap mukanya itu dari waktu seminggu rencananya Senin-Selasa dipakai, Rabu disemprot disinfektan dulu, Kamis-Jumat pakai lagi, Sabtu semprot. Jadi dari seminggu hanya 4 hari di masa transisi 2 bulan ini,” terangnya.

Harjono mengatakan, pihaknya merencanakan simulasi PTM terbatas pada bulan Juni setelah semua guru divaksinasi, sekolah melengkapi prasyarat PTM terbatas, dan izin orangtua didapat.

“Rencananya di bulan Juni akan simulasi PTM terbatas, setelah daftar periksa dilengkapi, guru divaksin, izin orangtua ada. Simulasinya latihan anak-anak masuk sekolah, belum ada pembelajaran. Baru Juli sudah melakukan PTM terbatas,” tegasnya. (Detik)

 

Leave a Reply