Home Berita STIKES Budi Luhur Gelar Pelatihan Preceptorship

STIKES Budi Luhur Gelar Pelatihan Preceptorship

82

STIKES Budi Luhur Gelar Pelatihan Preceptorship

KampusHebat.com, Cimahi — Untuk mewujudkan perseptor yang berkualitas, STIKES Budi Luhur Cimahi mengadakan pelatihan preceptorchip pada 10-11 Maret 2021.

Preceptorship adalah metode pengajaran dan pembelajaran mahasiswa dengan menggunakan perawat sebagai model perannya.

Pelatihan diikuti oleh seluruh dosen serta peserta lain dari berbagai instansi baik pendidikan maupun rumah sakit, yaitu RSUD Al Ihsan, RSUD Cibabat, RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan Cianjur, RSUD Bayu Asih Purwakarta, RS Jiwa Jabar, RS TNI AU dr. M. Salamun, RSUD Cililin, RS Marzuki Mahdi, serta Puskesmas dan Praktik Mandirir Bidan.

Pelatihan menghadirkan narasumber Dr Muhammad Hadi, S.Kp., M. K.Kep, Urip Rahayu, S.Kp., M.Kep., Nouci Septriliana, S.ST, M. Keb, dan Desi Trisiani, M.Kes.

STIKES Budi Luhur Gelar Pelatihan Preceptorship

Keperawatan merupakan bidang keilmuan yang kompleks merujuk kepada integrasi antara teori dan praktik. Dalam implementasinya, pembelajaran praktik ini akan sangat membutuhkan lahan klinik, yaitu rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan gambaran kondisi yang sesungguhnya bagi mahasiswa keperawatan.

Pembelajaran klinik keperawatan yang baik akan menjamin terjadinya perubahan sikap dan keterampilan profesional yang baik pada mahasiswa melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran klinik yang dapat diukur dan terarah dalam mencapai kompetensinya.

Keberadaan instruktur atau pembimbing klinik yang baik, rumah sakit pendidikan yang memadai, dan perawat rumah sakit yang mengembangkan budaya komunitas professional keperawatan akan menjadi fasilitas utama dalam penyelenggaraan pembelajaran klinik.

Beberapa cara diketahui dapat digunakan oleh pemegang kepentingan terkait dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal, seperti mentoring, fasilitasi, preceptorship, dan teman sebaya.

Di antara keempat metode tersebut, preseptorsip dianggap ideal untuk membantu peserta didik di lahan klink.

Dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal menggunakan metode preceptorship, diperlukan adanya perawat klinik yang berperan sebagai preseptor.*

 

Leave a Reply